PEMODELAN HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN PADA JALAN SOEKARNO HATTA KOTA BANDA ACEH

Authors

  • Cut Nawalul Azka Prodi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Aceh Author
  • Rival Mardi Prodi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Aceh Author

DOI:

https://doi.org/10.37598/bskhqw59

Keywords:

Volume, kecepatan, kepadatan model Greenshield

Abstract

Ada tiga karakteristik arus lalu lintas yaitu volume lalu lintas, kecepatan, dan kerapatan. Lokasi penelitian ini pada Jalan Jl. Soekarno Hatta Kota Banda Aceh yang memiliki dua jalur dua arah tak terbagi (2/4 UD) dikatagorikan kawasan jalan arteri, Data yang diambil dari lokasi penelitian adalah data volume kendaraan, kecepatan, data geometrik, dan data kecepatan yang digunakan adalah model Greenshield. Validasi hubungan model lalu lintas adalah untuk mendapatkan koefisien korelasi (r) dan kesesuaian kapasitasvolume maksimum atau kapasitas berdasarkan sebaran data, nilai koefisien untuk hubungan volume, kecepatan, dan kerapatan. Berdasarkan hasil penelitian model Greenshild Volume tertinggi yaitu 1564,8 kend/jam, Kecepatan tertinggi yaitu 39,60 km/jam dan Kepadatan tertinggi yaitu 39,52 smp/jam pada hari kamis jalur kiri. Nilai hubungan diketahui nilai tertinggi kecepatan – kepadatan 82,584-1,361D, hubungan volume-kepadatan tertinggi 82,584- 1,361D2dan hubungan volume-kecepatan 60,667-0,735S2 pada hari sabtu jalur kanan model Greenshild. Nilai korelasi Metode Greenshield Nilai tertinggi (R2=0,987) pada hari kamis.

Downloads

Published

11-06-2024

How to Cite

Azka, C. N., & Mardi, R. (2024). PEMODELAN HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN PADA JALAN SOEKARNO HATTA KOTA BANDA ACEH. Tameh, 9(1), 42-50. https://doi.org/10.37598/bskhqw59