Analisis Peran Stakeholder Terhadap Kesuksesan Proyek Konstruksi

Penulis

  • Zainuddin zainuddin Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Aulia Aulia Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37598/tameh.v10i2.164

Kata Kunci:

Stakeholder, Kesuksesan, Proyek Konstruksii

Abstrak

Pengelolaan yang baik dari proyek merupakan syarat tercapainya tujuan proyek, Setiap perusahaan konstruksi dituntut agar mampu menunjukkan kualitas pelayanannya sehingga bisa unggul dalam persaingan. Permasalahan dalam penelitian ini apakah peran stakeholder mempengaruhi kesuksesan proyek konstruksi dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kesuksesan proyek tersebut. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banda Aceh dan didapat responden sebanyak 6 orang serta PT Coplanar Daya Maxima didapat responden sebanyak 4 orang. Responden pada tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa saja dan seberapa besar tingkat yang mempengaruhi stakeholder terhadap kesuksesan proyek konstruksi. Teknik pengumpulan data adalah membagikan kuisioner kepada responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas kemudian data di analisis menggunakan analisa deskriptif dan korelasi product moment, serta regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 25. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yang terdiri dari pemilik (X1), karyawan (X2), supplier (X3), konsumen (X4), pesaing (X5) dan izin usaha (X6) serta variabel terikat (Y). Hasil uji validitas nilai r-tabel 0,6319 memenuhi syarat r-hitung > r-tabel. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel bebas (X) dan variabel terikat stakeholder (Y) adalah reliabel. Hal ini dikarenakan telah memenuhi koefisien minimum Cronbach Alpha yaitu lebih besar dari 0,6. Hasil analisis deskriptif nilai mean terendah terdapat pada variabel karyawan (X2) dan izin usaha (X6) sebesar 4,100 serta nilai mean tertinggi pada variabel supplier (X3) sebesar 4,475 yang menunjukkan rata-rata jawaban responden penting, maka semua variabel berperan penting terhadap kesuksesan proyek konstruksi. Hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan yaitu: Y = 24.018 + 0.412X1 – 0.002X2 – 0.759X3 – 0.526X4 + 0.427X5 – 0.701X6. Analisis menunjukkan bahwa pengaruh dominan dari peran stakeholder terhadap kesuksesan proyek berada pada variabel supplier (X3) dengan nilai koefisien regresi sebesar -0.759 dan tingkat hubungan yang sedang antara variabel supplier (X3) terhadap stakeholder. Hasil klasifikasi tingkat hubungan pada nilai koefisien korelasi berdasarkan pada tabel interval nilai koefisien korelasi dan kekuatan hubungan.

Referensi

Ahadzie, D. K. et al., 2008. Critical success criteria for mass house building projects in developing countries. International Journal of Project Management, Vol. 26, pp. 675-687.

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cleland, D and Gareis, R., 2006. Global Project Management Handbok: Planning, Organizing, and Controlling International Projects, McGraw-Hill, New York.

Cohen, et al., 2007. Metode Penelitian dalam Pendidikan. New York. Routledge.

Ferdinand, A., 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, lmam dan Chariri. Anis., 2007. Teori Akuntonsi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hughes Et Al., 2004. Evaluasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode CPM: Universitas Indonesia.

Kerzner., 2000. Project Management A System Approach to Planning, Schedulling, and Controlling, Seventh Edition, Singapore.

Pujihastuti, I., 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. Vol. 2 No. 1.

Riduwan, dan Sunarto., 2014. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Santoso., 2002. Statistik dengan SPSS. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono., 2004. Metode Penelitian. Alfabeta : Bandung.

Sudjana., 2005. Metode Statistika, Yogyakarta : Tarsito.

Sugiyono., 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Administratif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., 2015. Statistik Nonparametris untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Yamin., 2013. Strategi dan Metode dalam Model pembelajaran Referensi (GP Press Group).

Yuniarti, Eti., 2007. Analisis Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial pada Sektor Perbankan di Indonesia. Tesis Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles