Tinjauan Rencana Anggaran Pelaksanaan Pekerjaan Lean Concrete dan Rigid Pavement pada Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1 Sta. 24+000 S/D 25+000

Authors

  • ZAQIUL AMRI Universitas Iskandar Muda Author
  • Febrina Dian Kurniasari Universitas Iskandar Muda Author
  • Dedek Ariansyah Universitas Iskandar Muda Author

DOI:

https://doi.org/10.37598/tameh.v14i1.254

Keywords:

Proyek jalan tol, RAP, Volume, Biaya, Waktu

Abstract

Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans-Sumatera yang terletak di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie. Jalan tol ini memiliki panjang 74 km dengan konfigurasi 2 jalur 4 lajur lalu lintas dengan jenis perkerasan kaku (rigid pavement) memiliki lebar lajur 3,6 m,  bahu dalam 1,5 m, bahu luar 3 m, median jalan sebesar 2,5 m, dan bahu yang diaspal 2,5 m. Metode kontruksi utama yang digunakan adalah lean concrete (tebal 10 cm) dan rigid pavement (tebal 30 cm). Pada setiap proyek kontruksi diperlukan adanya manajemen perencanaan yang baik untuk menghitung rencana anggaran pelaksanaan (RAP) pada setiap item pekerjaan harus sesuai dengan yang dilakukan dilapangan. Namun pada proyek jalan tol ini, setelah dilakukan perhitungan kembali terdapat perbedaan volume pada pekerjaan lean concrete dan rigid pavement yang mengakibatkan deviasi biaya dan waktu pelaksanaan yang berubah. Oleh karena itu, penulis mengangkat permasalahan ini yang bertujuan untuk menghitung volume dan biaya aktual lapangan khususnya pekerjaan lean concrete dan rigid pavement pada proyek jalan tol ruas Sigli – Banda Aceh seksi 1 sta 24+000 s/d 25+000 sesuai dengan gambar rencana (shop drawing). Metode yang digunakan adalah perhitungan volume dengan metode konvensional yang mengacu pada AHSP 2023. Adapun hasil penelitian ini penulis mendapatkan total biaya RAP yaitu sebesar Rp. 6.694.312.968,58 dan  total biaya RAB yaitu sebesar Rp. 7.171.242.560. Berdasarkan total biaya RAP dan RAB, maka didapatkan selisih sebesar Rp. 476.929.591,42 dengan persentase 6,65%. dan durasi waktu pelaksanaan pekerjaan lean concrete dan rigid pavement adalah selama 45 hari.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

AMRI, Z., Dian Kurniasari, F. ., & Ariansyah , D. . (2025). Tinjauan Rencana Anggaran Pelaksanaan Pekerjaan Lean Concrete dan Rigid Pavement pada Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1 Sta. 24+000 S/D 25+000. Tameh, 14(1), 11-21. https://doi.org/10.37598/tameh.v14i1.254