Tinjauan Rencana Anggaran Pelaksanaan Pekerjaan Lean Concrete dan Rigid Pavement pada Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1 Sta. 24+000 S/D 25+000
DOI:
https://doi.org/10.37598/tameh.v14i1.254Keywords:
Proyek jalan tol, RAP, Volume, Biaya, WaktuAbstract
Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans-Sumatera yang terletak di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie. Jalan tol ini memiliki panjang 74 km dengan konfigurasi 2 jalur 4 lajur lalu lintas dengan jenis perkerasan kaku (rigid pavement) memiliki lebar lajur 3,6 m, bahu dalam 1,5 m, bahu luar 3 m, median jalan sebesar 2,5 m, dan bahu yang diaspal 2,5 m. Metode kontruksi utama yang digunakan adalah lean concrete (tebal 10 cm) dan rigid pavement (tebal 30 cm). Pada setiap proyek kontruksi diperlukan adanya manajemen perencanaan yang baik untuk menghitung rencana anggaran pelaksanaan (RAP) pada setiap item pekerjaan harus sesuai dengan yang dilakukan dilapangan. Namun pada proyek jalan tol ini, setelah dilakukan perhitungan kembali terdapat perbedaan volume pada pekerjaan lean concrete dan rigid pavement yang mengakibatkan deviasi biaya dan waktu pelaksanaan yang berubah. Oleh karena itu, penulis mengangkat permasalahan ini yang bertujuan untuk menghitung volume dan biaya aktual lapangan khususnya pekerjaan lean concrete dan rigid pavement pada proyek jalan tol ruas Sigli – Banda Aceh seksi 1 sta 24+000 s/d 25+000 sesuai dengan gambar rencana (shop drawing). Metode yang digunakan adalah perhitungan volume dengan metode konvensional yang mengacu pada AHSP 2023. Adapun hasil penelitian ini penulis mendapatkan total biaya RAP yaitu sebesar Rp. 6.694.312.968,58 dan total biaya RAB yaitu sebesar Rp. 7.171.242.560. Berdasarkan total biaya RAP dan RAB, maka didapatkan selisih sebesar Rp. 476.929.591,42 dengan persentase 6,65%. dan durasi waktu pelaksanaan pekerjaan lean concrete dan rigid pavement adalah selama 45 hari.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ZAQIUL AMRI, Febrina Dian Kurniasari, Dedek Ariansyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.