Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah dikirim lewat sistem OJS ini. Silahkan penulis register terlebih dahulu atau login jika sudah mendaftar. Penulis juga dapat memantau progres naskah dari sistem OJS ini. Informasi terbaru akan dikirim ke email penulis tetapi tetap disarankan untuk sering cek account penulis di OJS secara berkala.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain.
  • Naskah diketik menggunakan template Rumôh.
  • File naskah dalam format dokumen Microsoft Word.
  • Panjang halaman naskah minimal 6 halaman dan maksimal 12 halaman.
  • Resolusi gambar dan foto harus jelas dan tidak pecah serta memiliki izin penggunaannya (bila miliki pihak ketiga).
  • Tabel tidak boleh dibuat dalam gambar (harus dapat diedit)
  • Naskah menggunakan APA reference style dan dianjurkan melalui aplikasi EndNote dan Mendeley.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme (batas plagiat adalah maksimal 25%)
  • Mengisi dan melampirkan formulir Pernyataan Keaslian Naskah dan Hak Cipta Naskah

Panduan Penulis

  1. Naskah yang dikirimkan biasanya harus antara 5.000 sampai 7.000 kata atau antara 6-12 halaman. Silahkan download template Rumôh di sini. Struktur naskah biasanya adalah:
    A. Pendahuluan/Latar Belakang,
    B. Teori/Tinjauan Pustaka,
    C. Metodologi,
    D. Analisis,
    E. Hasil Penelitian/Diskusi, 
    F. Ucapan Terima Kasih
    G. Kesimpulan.
  2. Abstrak ditulis minimal 250 kata dan maksimal 300 kata dengan huruf Arial Narrow ukuran 10 pt dengan single space. Isi abstrak: Pendahuluan, Tujuan, Metodologi, Temuan, dan Kesimpulan. Abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Di bawah abstrak, sekitar tiga hingga lima kata kunci harus muncul.
  4. Jurnal menjalankan proses tinjauan sejawat dan mempromosikan tinjauan buta. 
  5. Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dalam satu spasi, menggunakan Microsoft Word, ukuran font 11, Arial Narrow, margin atas, bawah, kiri dan kanan 2.54 cm pada kertas ukuran A4.
  6. margin bawah dan kanan 2,54 cm, dicetak dengan Huruf.
  7. Referensi yang digunakan adalah APA reference style dan dianjurkan dengan aplikasi EndNote dan Mendeley.
  8. Pendahuluan terdiri dari latar belakang penelitian, konteks penelitian, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian. Semua pendahuluan harus disajikan dalam bentuk paragraf, bukan pointer, dengan proporsi 15-20% dari keseluruhan panjang artikel.
  9. Bagian Metode terdiri dari uraian mengenai desain penelitian, sumber data, pengumpulan data, dan analisis data dengan proporsi 10-15% dari total panjang artikel, semuanya disajikan dalam bentuk paragraf.
  10. Bagian temuan dan pembahasan terdiri dari uraian hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian beserta artinya dilihat dari teori dan referensi terkini dari daerah yang dituju. Proporsi bagian ini adalah 40-60% dari total panjang artikel.
  11. Bagian kesimpulan terdiri dari ringkasan, penyajian kembali temuan utama.
  12. Setiap sumber yang dikutip di badan artikel harus muncul dalam referensi, dan semua sumber yang muncul dalam referensi harus dikutip di badan artikel.
  13. Sumber yang dikutip minimal 80% berasal dari yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Sumber yang dikutip merupakan sumber primer berupa artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian, termasuk tesis dan disertasi. Kutipan dari jurnal minimal harus 80% dari total referensi yang dikutip.
  14. Kutipan dan referensi mengikuti gaya APA dan yang terakhir harus disertakan di akhir artikel dalam contoh berikut:

    Artikel dalam Jurnal:

    Utari, U., Kusumandari, K., Purnama, B., Mudasir, M., dan Abraha, K., 2016, Morfologi permukaan lapisan tipis Fe (III) -porfirin yang dicirikan dengan mikroskop gaya atom, Indonesia. J. Chem., 16 (3), 233-238.

    Bab dalam Buku:

    Rao, C.N.R, dan Rao, K.J., 1992, "Ferroics" in Solid State Chemistry Compounds, Eds. Cheetam, A.K., dan Day, P, P., Clarendon Press, Oxford, hal. 281-96.

    Buku Utuh:

    Barrer, R.M., dan Craven, R.J.B., 1986, New Developments in Zeolite Science and Technology, ed. Murakame, Y, Iijima, A. dan Ward, J.W., Kodansha, Tokyo, hal.521.

    Referensi teks ke literatur harus berupa angka dalam tanda kurung siku. Judul jurnal harus disingkat menurut Chemical Abstract Service Source Index (CASSI).

Articles

Section default policy

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.